Beberapa Tips Untuk Membuat Sepatu Anda Kembali Bersih Dan Terlihat Seperti Baru

Sepatu casual pria ataupun wanita, diluar fungsinya sebagai alas kaki sepatu juga merupakan item yang mempengaruhi penampilan, untuk hangout ataupun jalan jalan. Untuk anda yang ingin mempunyai sepatu casual yang awet ataupun tetap kinclong saat dipakai. Kali ini ada beberapa tips utuk merawat dan membersihkan sneakers kesayangan. Beberapa tips ini merupakan pengalaman pribadi dan juga banyak orang, saat membersihkan membersihkan sepatu kotor.

Pada umumnya bahian sneakers atau sepatu casual yang kita pakai mempunyai beberapa bagian. Yang pertama adalah bagian upper (atas sepatu) bagian Midsole (bagian tengah sepatu) bagian outsole dan juga bagian insole (sol pada bagian dalam) Cara pembersihan untuk setiap bagian sepatu akab berbeda-beda. Mari kita bahas beberapa langkah untuk membersihkan sneakers.

Menyiapkan peralatan

Pada tahapan awal adalah menyipaka peralatan pencucian sepatu seperti

  1. Cairan pembersih sepatu (Anda bisa memakai deterjen biasa, namun ada baiknya adna memakai cairan khusus. Karena deterjen pakaian mengakibatkan sepatu lebih cepat menguning dan rusak)
  2. Sikat yang halus, supaya tidak merusak bagian upper sepatu, seperti sikat gigi bekas ataupun membeli sikat khusus untuk sepatu.
  3. Handuk Microfiber, karena handuk ini mempunyai tekstur lembut dan juga mampu menyerap cairan dengan sangat baik
  4. Air hangat sekitar 60 derajat. Air hangat dirasa ampuh mengangkat noda.

Lepaskan tali sepatu dan Insole

Selanjutnya setelah mempersiapkan alat-alat, saat nya melepaskan bagian bagian sepatu yang dapat dilepas seperti tali sepatu dan juga insole (Untuk sneakers yang bisa dilepas insole nya). Apabila insoler dan tali sepatu tersebut dirasa kotor kalian dapat membersihkannya juga. Jika inslode dan tali sepatu tersebut dirasa kotor Anda bisa membersihkannya.

Bersihkan Upper Sepatu

Setelah bagian-baigan dikepas, selanjutnya besihkan bagian upper terlebih dahulu, Biasanya bagian upper tidak terlalu kotor dariapda bagaian outsole. Sebelum membersihkannya perhatikan dulu bagian sepatu tersebut, karena beda bahan beda penanganan nya.

Jika berbahan Canvas, sepatu relatih mudah dibersihkan dan juga lebih tahan dibandingkan dengan bahan suede. Ketika sepatu sudah kotor maka kita dapat menyikat sepatu canvas tersebut menggunakan sikat halus daan juga cairan pembersih sepatu. Pada sepatu berbahan canvas kita dapat menyikat dengan menggosokan secara dua arah, namun jangan menggosok terlalu keras. Setelah menyikatnya maka kita akan mengeringkannya dengan menggunakan handuk microfiber.

Untuk bahan suede anda cukup mengunakan penghapus karet untuk noda dengan digosokan pada noda. Disarankan untuk mencucinya dengan sikat halus dan juga carian khsus adag idak rontok.

Bersihkan midsole

Midsole merupakan bagian yang paling kotor anda bisa membersihkan separui pada bagian ini dnegan lebih kuat hingga bersih, dibandingkan pada bagian upper. Hal ini karena midsole biasanya terbuat dari karet yang mempunyai tekstur lebih keras dibandingkan dengan bagian upper.

Keringkan sepatu

Setelah sneakers kesayangan kita bersih selanjutnya ialah mengeringkan sepatu dengan cara diangin-angin kan. Jangan dijemur dibawah terik matahari, Karena menjemur sepatu dibawah terik matahari mengakibatkan sepatu menjadi luntur.

Semperot dengan water proff spray

Agar menjaga ketahanan dan keb ersihan septu, anda bisa memnyemprotkan waterproof spray agar sepatu terlapisi oleh zat pelindung dari dari water proof spray tersebut.

Masukan sepatu kedalam dus

Ketika sepatu tidak digunaka dalam jangka waktu lama. Ada baiknya menyimpan sepatu pada boxnya dan menarus sepatu dalam kardus tersebut ke ziplock dengan silica gel untuk menjaga suhu tetap kering dan menghindari kelembapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *