Dua Syarat Agar Amal Ibadah Diterima

*Dua Pilar Amalan (Ikhlas & Mutaba’ah)*
Telegram salafyways https://goo.gl/vLphkg

Sebagian Ulama Salaf berkata:

ما من فعلة – وإن صغرت – إلا ينشر لها ديوانان : لم؟ وكيف؟ أى : لم فعلت وكيف فعلت

“Tidaklah setiap perbuatan sekecil apapun kelak akan dibentangkan padanya dua tulisan yakni mengapa? Dan bagaimana? Yaitu apa tujuannya dan bagaimana caranya.

Al-Imam Ibnul Qoyyim menjelaskan,
“Pertanyaan pertama terkait sebabnya amalan dan pendorongnya. Apakah dia beramal karena tujuan-tujuan duniawi, senang dipuji, takut dicela, ingin segera meraih apa yang disenangi oleh hawa nafsunya atau menolak apa yang dibencinya? Ataukah dia beramal tujuannya untuk menghambakan diri kepada Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya?

Adapun pertanyaan kedua terkait mutaba’ah (menyontoh) Rasul ‘alaihisshalatu wasallam yakni apakah amalan yang diupayakannya itu disyari’atkan Allah melalui lisan Rasul-Nya ataukah tidak? Maka yang pertama terkait keikhlasan hati sedang yang kedua terkait mutaba’ah.” (Ighotsatul Lahfan min Masho’idis Syaithon hal. 16)

Beliau juga berkata:

العمل بغير اخلاص ولا اقتداء كالمسافر يملأ جرابه رملا يثقله ولا ينفعه

“Suatu amalan bila dilaksanakan tanpa keikhlasan dan meneladani sunnah bagaikan seorang musafir yang sibuk memenuhi kantongnya dengan pasir hanya memberatkannya dan tidak memberinya manfaat.” (Al-Fawa’id hal. 49)

*Al-Ustâdz Fikri Abul Hasan*

Reposted by : :busts_in_silhouette: Grup wa manhaj salaf Channel telegram salafyways https://goo.gl/vLphkg mm iG: Salafyways

 

Jazakumullahu khoiran untuk Ustadz Fikri Abul Hasan, Channel Telegram Salafways

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *