7 Penyebab Kebotakan Dini di Usia Muda

Ketakutan terbesar yang rasakan oleh semua orang adalah mengalami kebotakan, apalagi di usia muda. Kebotakan ini terjadi semula berawal dari rambut yang terus menurus rontok hingga berlebihan.

Kebotakan tidak hanya terjadi pada lansia tapi juga pada orang muda, yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti stress, kurang nutrisi dan gaya hidup yang buruk. Nah untuk mengatasi kebotakan, terdapat beberapa cara mengatasi kebotakan di usia muda menggunakan bahan alami yang bisa Anda gunakan diantaranya sebagai berikut.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya sudah dipercaya dari dahulu mampu mnegatasi kebotakan pada rambut. Lidah buaya mmapu memberikan kesejukan dan menenangkan kulit kepala serta mendorong sel rambut untuk tumbuh.

Lidah buaya bisa berperan untuk meningkatkan pertumbuhan sel, mengganti sel dan membuat rambut berkilau dengan kandungan vitamin A, C dan E yang dimilikinya.

  • Minyak Jojoba

Minyak jojoba merupakan bahan alami yang mampu mengatasi kebotakan. Minyak jojoba bisa melembabkan folikel-folike pada rambut sehingga membuat rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

Selain itu, minyak jojoba juga dapat membantu sel rambut untuk mereproduksi lebih cepat. Anda cukup mengoleskan beberapa tetes minya ke kulit kepala dan diamkan 10-15 menit, kemudian bilas.

  • Akar Licorice

Bahan alami selanjutnya yang mampu mengatasi kebotakan adalah akar licorice. Akar licorice dapat membuka pori-pori dan menguatkan folikel pada rambut yang mampu menyebabkan kebotakan.

  • Minyak rosemary

Minyak esensial dari rosemary ini mengandung antiseptik bisa merawat kulit kepala kering, berketombe dan gatal yang bisa memicu kebotakan. Minyak ini memiliki kandungan antioksidan dan antibakterial yang tinggi sehingga mampu mendorong pertumbuhan rambut kembali.

  • Bawang Putih

Bawang putih juga bisa memberikan manfaat pada pertumbuhan rambut pada kulit kepala Anda. Hanya dengan mengaplikasikan gel berbahan dasar bawang putih pada area yang mengalami kebotakan dapat merangsang pertumbuhan kembali pada rambut Anda.

  • Sari Bawang Merah

Sari bawang merah mampu merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih lebat. Sehingga, dapat dikatakan bahwa sari bawang merah berkhasiat bagi masalah kebotakan rambut yang Anda alami.

Bawang merah memiliki kandungan dulfur yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mendorong pertumbuhan kolagen. Selain itu, kandungan antioksidan bawang merah juga daoat merawat kulit kepala dari iritasi dan infeksi.

  • Santan

Santan dipercaya mampu melembapkan kulit kepala dan rambut Anda, sehingga dapat terhindari dari kerusakan karena kering. Saat ini ada banyak shampo dan kondisioner dengan bahan dasar kelapa.

Anda bisa merawat rambut dan kulit kepala menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung santan, sehingga masalah kebotana dapat teratasi.

  • Telur

Gunakan telur sebagai masker rambut untuk mengatasi masalah kebotakan rambut yang Anda alami. Telur dipercaya mampu mendorong pertumbuhan rambut dengan kandungan proteinnya yang tinggi.

Protein keratin yang dimiliki oleh telur bisa mencapai 70 persen. Cukup oleskan masker telur yang telah dicampur dengan olive oil pada rambut Anda.

  • Cuka Apel

Kebotakan tidak hanya disebabkan oleh kulit kepala yang kering, tetapi juga karena folikel rambut yang tersumbat. Untuk memperbaiki folikel pada rambut, cobalah gunakan cuka apel sebagai masker.

Perawatan ini dapat membuka pori-pori yang tesumbat sehingga mendorong pertumbuhan pada rambut Anda kembali.

  • Safflower oil

Minyak safflower juga diyakini mampu menguatkan folikel pada rambut kering dan melawan ketombe pada kulit kepala. Safflower oil memperbaiki masalah Anda dengan menetralkan folikel dan menguatkan sel-sel rambut dari dalam.

Nah, itu dia 10 macam bahan alami yang mampu mengatasi kebotakan di usia muda. Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping dari zat kimia.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk menghindari kebotakan di usia muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *