5 Bek Tengah yang Bisa Menggantikan Giorgio Chiellini di Juventus

Euro atau Piala Eropa 2020 sudah berakhir dengan tim Italia yang bisa mengangkat trofi kebanggaan setelah final dengan Inggris. Hasil Pertandingan Euro 2020 Final tersebut ditentukan dengan adu penalti seru di Wembley Stadium, London. Giorgio Chiellini, kapten dari Gli Azzurri pun mengangkat trofi juaranya tinggi-tinggi. Tampil dengan pendukungnya, Inggris memang unggul cepat pada final EURO berkat dari gol Luke Shaw kilat yang terjadi saat pertandingan berlangsung baru 2 menit. Tim Italia menyajikan permainan bersifat menyerang yang pada akhirnya bisa menyamakan kedudukan menit 67 lewat Leonardo Bonucci. Tak ada gol tambahan hingga sampai waktu normal serta perpanjangan habis. Jadi skor masih belum berubah dari 1-1. Kedua tim pun harus menjalani adu penalti agar bisa menentukan juara ajang EURO 2021 ini.

Tanding penalti dua timnas untuk memperbutkan juara Euro 2021

Ada tiga pemain Three Lions yang masih mudah asuhan dari Gareth Southgate yaitu Marcus Rashford, Bukayo Saka dan Jadon Sancho. Mereka tidak bisa membobol gawang Donnarumma, sementara dari Italia Andrea Belotti serta Jorginho saja yang gagal dalam menjalankan tugasnya. Sementara hasil akhir tanding final EURO ini yaitu 4-3 dengan kekalahan Inggris. Sementara skuad Azzurri asuhan Robert Mancini berhasil menjadi juara Piala Eropa tahun ini yang juga merupakan gelar Italia kedua setelah EURO 1966.

Ada beberapa pemain berusia tua yang berperforma optimal

Ada pun hal menarik saat final Piala Eropa ini, yaitu Giorgio Chiellini ialah satu dari beberapa pemain tua yang tampil dalam ajang Euro 2020. Sementara jumlah pemain yang sudah tua sendiri memang tak terlalu banyak. Banyak pelatih memang yang memutuskan memaksimalkan para pemain pada yang masih pada usia keemasan. Tentu keberhasilan Chiellini yang mengangkat trofi dengan Timnas Italia merupakan bukti kalau usia senja pada karier bola tidak lantas bisa membuat pemain kehilangan motivasinya untuk memperlihatkan performa terbaik dalam kejuaraan besar. Di samping Giorgio Chiellini, Salvatore Sirigu serta Leonardo Bonucci juga telah berusia senja dalam skuad Azzurri. Bahkan Bonucci menjadi pemain dengan performa optimal bersama dengan Chiellini dalam membawa Italia meraih juara Piala Eropa 2020. Kalau melihat fakta tidak terlalu banyaknya pemain tua yang ada dalam Euro ini, tetapi jumlah sedikit tersebut bisa memberikan kontribusi yang besar bagi tim.

Maarten Stekeleburg, kiper usia 38 tahun dalam Euro 2020

Timnas Belanda memang mungkin tidak dapat berbicara banyak saat ajang Euro 2020 karena tersingkir setelah kalah dari Republik Ceska di babak Euro 16 besar. Tetapi di fase grup, Belanda bisa meraih hasil yang sempurna dengan 3 buah kemenangan pada tiga laga. Ada Maarten Stekeleburg yang menjadi pemain kunci di Euro ini. Stekelenburg padahal usianya sudah 38 tahun, sehingga membuat Maarten Stekeleburg menjadi kiper yang tertua di ajang Euro 2020. Bukan hanya mengawal jaring gawang Belanda pada empat laga saja, Stekelenburg kebobolan hanya dua gol saja di fase grup. Yakni ketika Belanda berhasil menang 3-2 terhadap Ukraina di laga pertama. Sementara kekalahan Tim Belanda dari Ceska membuatnya kebobolan total empat gol pada empat laga. Ada pun catatan clean sheet hingga 2 kali. Stekelenburg tercatat melakukan hingga delapan penyelamatan dalam empat kali laga yang dimainkan pada Euro 2020. Usianya yang 38 tahun membuat torehan tersebut masih cukup bagus tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *