5 Tempat Makan Batagor di Jakarta, Bumbu Kacangnya Mantul!

            Kota Bandung terkenal karena banyaknya destinasi wisata yang bisa anda kunjungi. Selain itu lokasi kota Bandung juga berada tidak jauh dari kota-kota besar seperti Jakarta, sehingga kota Bandung sering menjadi salah satu destinasi wisata saat musim liburan. Ternyata selain banyaknya tempat wisata, kota Bandung juga terkenal dengan ragam kuliner khasnya yang unik dan lezat.

            Kuliner Bandung ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi Bandung. Kuliner Bandung terkenal dengan bentuk dan rasanya yang unik, selain itu juga kisaran harga dari makanan ataupun jajanan yang dijual di Kota Bandung jauh lebih terjangkau oleh wisatawan lokal.

            Dari sekian banyak jenis kuliner khas dari kota Bandung, terdapat beberapa makanan ataupun minuman yang paling menjadi favorit dari para wisatawan. Berikut ini merupakan rangkuman beberapa makanan ataupun minuman ciri khas kota Bandung yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Kota ini.

  • Batagor Bandung

Batagor Bandung ini merupakan makanan khas kota Bandung yang memiliki arti “Baso Tahu Goreng” seperti namanya batagor ini merupakan cemilan yang terbuat dari tahu yang diberi adonan aci dan daging ayam kemudian digoreng sampai kering dan disajikan dengan bumbu kacang. Batagor ini merupakan salah satu jajanan kota Bandung yang wajib kamu coba saat mengunjungi Bandung.

  • Mie Kocok Bandung

Mie kocok Bandung ini merupakan makanan berkuah yang didalamnya terdapat isian mie kuning pipih dan diberi tambahan kikil, dan bakso kemudian disiram kuah. Agar semakin lezat kamu bisa menambahkan perasan jeruk ataupun sambal kedalam kuah dari mie kocok ini agar menambah sensasi nikmat saat menyantap mie kocok ini.

  • Seblak

Seblak merupakan salah satu jenis jajanan Bandung yang terdiri dari kerupuk, aci, telur, batagor kering atau apapun yang direbus kemudian dimasak dengan menggunakan bumbu-bumbu. Ciri khas rasa yang bisa kamu rasakan dari seblak ini yaitu rasa kuat dari kencur dan juga pedasnya cabai, karena seblak ini memang lebih enak disajikan panas dan pedas.

  • Karedok

Karedok ini merupakan makanan khas kota Bandung yang terdiri dari sayuran seperti tauge, kol, kacang panjang, dan timun yang dipotong-potong kemudian diaduk bersama bumbu kacang yang akan memberikan citarasa tersendiri pada makanan ini. Karedok ini cocok dimakan bersama nasi panas dan kerupuk.

  • Es Doger

Es Doger ini merupakan salah satu minuman yang mudah ditemui di Kota Bandung mulai dari pedagang kaki lima sampai ke restoran mewah. Es doger ini merupakan minuman yang didalamnya terdapat isian kelapa, tape singkong, pacar cina, dan juga potongan roti kemudian diberi parutan es batu dan disiram oleh sirup merah dan sedikit susu kental manis.

  • Bajigur dan Bandrek

Bajigur dan bandrek merupakan minuman khas kota Bandung yang terbuat dari rebusan air, jahe, dan gula merah. Perbedaan dari bandrek dan bajigur yaitu pada bajigur biasanya air rebusan jahe diberi tambahan susu atau santan agar tidak terlalu pekat. Minuman ini sangat cocok diminum di udara Bandung yang dingin karena bisa menghangatkan badan.

Itulah beberapa makanan dan juga minuman khas dari kota Bandung yang wajib kamu coba saat kamu mengunjungi kota ini. Makanan dan minuman ini pun sangat mudah ditemui di sekitaran kota Bandung jika kamu ingin mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *